Slimming | Detox | Rejuvenation
6 Cara Hidup Sehat Anak Kost

6 Cara Hidup Sehat Anak Kost

Kesehatan adalah hal yang sangat penting. Setiap orang pasti mendambakan memiliki tubuh, pikiran, serta jiwa yang sehat. Kesehatan adalah keadaan dimana tubuh, jiwa dan pikiran merasa sehat, terhindar dari penyakit serta tidak memiliki beban pikiran yang berat atau stres. Kesehatan mahal harganya, maka dari itu kita harus menjaga kesehatan sebaik mungkin. Menjaga kesehatan sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari yang paling murah sampai yang mahal sekalipun. Menjaga kesehatan juga dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan menjaga pola makan teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, hingga rutin melakukan olahraga setiap hari.

Tuntutan pendidikan dan pekerjaan seringkali memaksa kita untuk keluar dari tanah kelahiran, atau dengan kata lain merantau ke kota lain. Di kota baru tersebut, kita perlu membiasakan diri dan beradaptasi. Mulai dari lingkungan tempat tinggal, lingkungan kerja dan pendidikan, hingga makanan sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan, kita perlu benar-benar mempertimbangkan tentang kebersihan dan kandungan gizi, serta tingkat higienitas. Di perantauan tentu saja kita akan tinggal di sebuah kost atau rumah sewa/rumah kontrakan dimana kita akan tinggal dengan orang lain yang belum pernah kita kenal sebelumnya. Banyak macam rumah sewa yang ada, yaitu misalnya kost khusus putri, kost putra, dan lain sebagainya.

Tinggal di kost, bukan berarti Anda tidak dapat menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan. Anda dapat memilih kost yang bersih, sirkulasi udara dan ventilasi jendela yang lancar, cukup cahaya yang masuk (tidak terlalu gelap dan pengap), serta lebih teliti dalam membeli makanan. Sebenarnya makanan yang paling baik adalah yang Anda masak sendiri, karena Anda dapat memastikan cara memasaknya, bahan-bahannya, kandungan gizinya, serta tingkat higienisnya. Namun sebagai pekerja atau mahasiswa, tentunya Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk memasak makanan Anda sendiri, kecuali jenis menu masakan yang mudah dan sederhana.

Menerapkan pola hidup sehat di kost sebenarnya cukup mudah. Tentunya dengan menjaga pola hidup sehat ini, akan ada banyak manfaat yang Anda peroleh walaupun Anda tinggal di kost. Manfaat hidup sehat anak kost adalah Anda dapat menjaga kesehatan Anda serta terhindar dari penyakit yaitu dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Terdapat beberapa tips seputar kesehatan, gaya hidup anak kost baik pekerja maupun mahasiswa, kost putra dan kost putri, serta manfaat hidup sehat anak kost melalui penjelasan berikut ini.

Terdapat beberapa poin penting untuk menjaga kesehatan Anda sebagai anak kost, diantaranya adalah memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Perhatikan Makanan Anda
    Anda harus memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Jenis makanan harus sehat dan bergizi serta higienis. Pilih dari bahan sayur-sayuran serta buah-buahan yang segar dengan kualitas baik. Jika Anda dapat memasak makanan Anda sendiri, maka akan lebih baik untuk kesehatan Anda. Karena Anda dapat mengontrol mulai dari bahan-bahan yang digunakan, hingga tidak menambahkan bumbu penyedap berbahaya ke dalam makanan. Selain itu, hal penting lainnya antara lain adalah sebagai berikut :
    – Pola Makan
    – Masak Sendiri
    – Membawa bekal
    – Berpuasa
  2. Rutin Olahraga
    Seringkali Anda merasa malas berolahraga, padahal seharusnya olahraga harus rutin dilakukan setiap hari. Banyak sekali manfaat dari olahraga, selain tubuh lebih sehat dan bugar, Anda juga dapat mencegah penyakit atau menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh Anda lebih baik lagi. Olahraga juga membantu Anda menurunkan berat badan jika dilakukan dengan benar dan teratur. Olahraga itu macam-macam, Anda dapat mengikuti kelas senam, yoga atau gym. Olahraga lain dapat dilakukan dengan cara jogging, berenang, dan lain sebagainya. Ada banyak cara untuk berolahraga serta tidak menghabiskan begitu banyak biaya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berolahraga adalah :
    – Waktu Olahraga
    – Contoh Olahraga
  3. Perhatikan Pola Belanja
    Dalam penerapan pola hidup sehat anak kost, selain pola makan, jenis makanan, serta gaya hidup sehat yang dilakukan dengan cara berolahraga, Anda dapat pula mempertimbangkan mengenai pola berbelanja Anda. Memang benar memasak sendiri menu makanan Anda akan lebih sehat dan hemat, namun Anda perlu memperhitungkan pula mengenai daftar belanjaan atau kebutuhan belanja konsumsi Anda. Memasak selain lebih sehat, akan membuat Anda lebih hemat dari segi finansial. Namun Anda perlu mengatur pengeluaran dana belanja Anda dengan lebih teliti. Ingat bahwa hal tersebut akan membawa Anda menjalani pola hidup hemat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatur pola belanja Anda, yaitu misalnya dengan cara membuat list kebutuhan Anda. Yang perlu Anda ingat adalah, bukan karena Anda ingin berhemat, maka Anda selalu membeli bahan-bahan yang murah. Anggapan ini adalah salah dan keliru karena harga murah bukanlah jaminan barang tersebut akan bagus kualitasnya. Anda harus lebih selektif dan teliti dalam memilih bahan makanan atau list kebutuhan dan daftar belanja Anda secara rutin.
  4. Jaga Kebersihan
    Tinggal di tempat kost, mungkin akan membuat Anda menjadi orang yang lebih malas. Malas dalam hal membersihkan tempat kost. Hal ini bisa dikarenakan Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk membersihkan tempat kost. Waktu Anda sudah tersita untuk bekerja atau belajar di kampus. Sehingga ketika sampai kost, Anda akan langsung tertidur karena kecapaian atau sibuk menyelesaikan tugas kampus. Padahal yang perlu Anda ketahui adalah, kebersihan kost sangat penting. Selain untuk keindahan dan kerapihan tempat kost, kost yang bersih juga akan menghindarkan Anda dari bahaya serangan penyakit.
    Kost yang kotor, berbau, dan acak-acakan adalah sarang dari penyakit. Usahakan Anda selalu menjadwalkan waktu Anda untuk membersihkan kost. Hindari lah sifat-sifat malas dalam membersihkan kost Anda. Mulailah dari hal-hal sederhana yaitu merapikan barang-barang Anda, taruh sesuai dengan jenisnya dan jangan ditaruh sembarangan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mencari barang-barang yang Anda butuhkan. Setelah itu, selalu sapu lantai kost Anda, jangan menumpuk sampah. Masukkan semua sampah dan buang langsung ke tempat sampah. Anda juga diharapkan untuk tidak menumpuk pakaian kotor Anda. Segera cuci pakaian-pakaian kotor Anda, jangan menumpuk terlalu lama karena akan menjadi sarang penyakit dan bakteri. Hal lain yang dapat dilakukan adalah usahakan juga untuk menjaga kebersihan bak penampungan mandi, kuras bak mandi kost Anda secara rutin untuk menghindari resiko penyakit demam berdarah akibat nyamuk, dan penyakit-penyakit lainnya. Kost yang bersih akan menjaga kesehatan tubuh Anda lebih baik lagi.
    – Kamar Kost
    – Kamar Mandi
    – Pakaian
  5. Pilih Tempat Kost yang Baik
    Pemilihan kost adalah hal utama dalam menentukan pola hidup sehat anak kost. Jika sejak awal Anda sudah salah memilih kost, maka untuk seterusnya Anda akan kesulitan dalam menerapkan tahapan-tahapan kebersihan dan cara hidup sehat selama di kost. Berikut ini adalah beberapa tips cara memilih kost yang baik dan benar untuk menerapkan pola hidup sehat anak kost:
    – Sirkulasi Udara Lancar
    – Pastikan Cahaya Masuk
    – Perhatikan Air dan Listrik
    – Tempat Cuci dan jemur Pakaian
    – Pembuangan Air dan Sampah
  6. Hindari Hal berikut
    Gaya hidup anak kost merupakan pola hidup yang baru yang menjadi adaptasi dari mereka yang hanya mengenal kehidupan dari dalam rumah keluarga. Sebagian besar anak kost akan mencoba banyak hal yang tidak pernah atau tidak bisa mereka lakukan secara bebas di rumah. Hal yang mereka coba ini dapat berupa pola hidup yang baik namun dapat juga berupa pola hidup buruk. Sebagian anak kost akan tergiur untuk mencoba hal-hal baru yang dilarang seperti merokok, minum-minuman alkohol, berhura-hura sampai larut malam dan lainnya. Namun perlu kita ketahui dan sadari hal-hal buruk ini dilarang karena ada maksudnya. Pola hidup buruk ini akan menjadi ancaman besar di masa depan baik dari sisi kesehatan maupun perkembangan hidup. Berikut adalah hal-hal buruk beserta akibatnya yang sudah sepatutnya anak kost hindari:
    – rokok
    – minuman keras
    – bising larut malam
    – makanan instan
    – pergaulan bebas

http://ciputrauceo.net/blog/2015/2/25/6-cara-hidup-sehat-anak-kost