Slimming | Detox | Rejuvenation
Makanan Kaya Serat dan Rendah Karbohidrat yang Perlu Dikonsumsi

Makanan Kaya Serat dan Rendah Karbohidrat yang Perlu Dikonsumsi

Konsumsi serat sangat baik bagi tubuh. Itu sebabnya, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah karbohidrat sebanyak 25 gram sehari untuk mereka yang memiliki asupan kalori 2000 kal/hari. Anda juga perlu mengimbanginya dengan asupan cairan tubuh sekitar 8 gelas per hari atau sesuai kebutuhan.

Jumlah serat yang dibutuhkan setiap orang memang bisa berbeda-beda, salah satunya tergantung faktor usia. Untuk orang dewasa. Dibutuhkan setidaknya 25-30 gram serat. Jumlah tersebut sebaiknya didapatkan dari bahan makanan dan bukan suplemen.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dengan kandungan serat yang tinggi, namun tetap rendah karbohidrat.

  1. Kimchi
    Kimchi adalah makanan fermentasi berisi aneka sayuran. Hal tersebut membuat kimchi jadi makanan yang rendah karbohidrat, tinggi serat, kaya akan vitamin seperti A, B, C dan mineral. Selain itu, yang paling hebat dari kimchi adalah kandungan bakteri baik di dalamnya yang membantu sistem pencernaan jadi lebih sehat. Sebuah studi menyebutkan, rutin mengonsumsi kimchi ampuh membantu menghentikan hingga mencegah infeksi jamur dalam tubuh.
  2. Alpukat
    Alpukat jadi satu-satunya buah yang mengandung lemak sehat dan segudang vitamin. Per 100 g alpukat mengandung 160 kalori dan 9 g karbohidrat. Dalam buah ini terdapat kandungan fitonutrien yang meningkatkan kesehatan mata dan menurunkan risiko kanker. Artinya, serat tinggi namun rendah karbohidrat bisa didapat dari buah ini. Sebagai salah satu sumber yang baik dari asam lemak tak jenuh, buah alpukat memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, yang dapat menaikkan kadar lemak baik (HDL) dan menurunkan kadar lemak jahat (LDL). Selain itu, alpukat juga mengandung beta sitosterol yang dapat membatasi penyerapan kolesterol ke dalam tubuh.
  3. Almond
    Almond kaya akan kandungan serat, protein nabati, lemak sehat, namun rendah karbohidrat. Jenis kacang yang satu ini hadir tanpa kolesterol dan kandungan natrium, serta merupakan sumber vitamin E dan magnesium yang sempurna. Konsumsi almond dan beberapa jenis kacang lainnya berkhasiat mempercepat proses metabolisme tubuh, sehingga tidak menimbun kelebihan lemak dan gula. Berdasarkan sebuah penelitian, diet rendah kalori dengan mengonsumsi 3 ons almond dalam sehari dapat menurunkan berat badan secara signifikan dibandingkan diet karbohidrat kompleks.
  4. Buah pir
    Pir dianggap sebagai buah yang paling bernutrisi dan tinggi serat ketika dimakan bersama kulitnya. Sebuah pir ukuran sedang mengandung sekitar 5.5 gram serat. Karbohidrat yang terkandung di dalam buah pir juga berada pada taraf rendah. Selain itu, kandungan serat luar biasa yang berpadu dengan fitonutrien menjadikan pir sebagai pilihan sehat yang siap Anda santap kapan saja. Pir bisa dikonsumsi secara langsung dan dijadikan sebagai makanan pendamping atas kudapan lain agar lebih menyegarkan.
  5. Biji chia
    Biji chia mengandung asam lemak omega-3 dan kalsium nabati tinggi, dua nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Satu ons makanan ini juga juga kaya akan serat dengan kandungan hingga 11 gram. Mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah karbohidrat sangat baik bagi tubuh. Ayo konsumsi sederet makanan di atas untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Selain itu, jangan lupa untuk mengimbangi asupan tersebut dengan kandungan gizi sehat lainnya seperti protein hingga vitamin.
  6. Stroberi
    Menurut data USDA, per 100 g porsi stroberi mengandung 8 g karbohidrat. Stroberi juga memiliki kemampuan untuk merangsang metabolisme Anda dan membantu menekan nafsu makan Anda karena kehadiran serat larut yang disebut pektin. Sebanyak 100 g stroberi hanya mengandung 33 kalori dan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk menurunkan berat badan.
  7. Blackberry
    Mengandung jenis serat larut yang disebut pektin yang mempromosikan perasaan kenyang sehingga membantu dalam penurunan berat badan. Menurut data USDA, per 100 g blackberry mengandung 10 g karbohidrat dan 43 kalori.
  8. Lemon
    Lemon memiliki sifat membakar lemak dan membantu mempercepat metabolisme yang pada gilirannya membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Lemon juga dikenal untuk mempromosikan kepenuhan dan mendukung hidrasi dan meningkatkan kesehatan. Lemon memiliki 29 kalori dan 9 g karbohidrat dalam porsi 100 g.

Sumber:
https://lifestyle.sindonews.com/read/1337147/155/8-buah-rendah-karbohidrat-untuk-turunkan-berat-badan-1536568636
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3621971/5-makanan-kaya-serat-dan-rendah-karbohidrat-yang-perlu-dikonsumsi
Oleh: dr. Karin Wiradarma & dr. Astrid Wulan Kusumoastuti